Rabu, 07 Agustus 2019

6 Tips Jalankan Kampanye Digital yang Sukses

Related image

Tidak dapat disangkal jika di masa kekinian seperti saat ini, sejumlah besar taktik marketing ada berbentuk digital. Ini sebenarnya tidaklah heran mengingat jika sekarang beberapa orang Indonesia yang aktif di dunia online. Di lansir dari situs Kompas.com, data dari Asosiasi Pelaksana Layanan Internet Indonesia (APJII) tunjukkan jika pemakai internet di Indonesia selama 2017 lalu sampai seputar 143 juta orang atau lebih dari 50% keseluruhan masyarakat.

Karena pasarnya yang demikian besar, lumrah jika banyak perusahaan serta merek berlomba untuk lakukan internet marketing. Satu diantara yang cukup ramai dikerjakan ialah kampanye digital. Sebelum mengulas lebih jauh mengenai kampanye digital, perlu untuk diketahui jika hal itu berlainan dari taktik digital.

Taktik digital ialah rangkaian aksi yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan sasaran marketing. Sedang, kampanye digital salah satu bentuk atau bentuk dari rangkaian aksi itu. Bergantung dari maksudnya, dapat kampanye digital dilaksanakan di sejumlah basis sekaligus juga, contohnya web, Facebook, serta Instagram. Mengingat ada sangat banyak merek yang lakukan jasa kampanye online digital, bagaimana triknya supaya kampanye digital merek Kamu dapat lebih unggul?

Tetapkan apa yang ingin Kamu raih 
First things first, Kamu harus memastikan arah atau sasaran apa yang ingin merek raih lewat kampanye digital. Tanpa sasaran, kampanye digital tidak mempunyai arah yang pasti, hingga sulit nanti untuk memastikan langkah yang pas. Contoh-contoh arah yang umumnya ingin diraih ialah tingkatkan awareness pada satu produk baru, merek engagement, atau tingkatkan keuntungan.
Untuk menolong dalam memastikan arah atau sasaran kampanye digital, dapat mengaplikasikan ide SMART yang disebut singkatan dari specific, measurable, achievable, realistic, serta times.

Bukan sekedar detil (specific), sasaran yang dipastikan harus juga bisa diukur (measurable) hingga dapat di-track dengan gampang dalam prosedurnya. Yakinkan juga supaya sasaran itu diterima oleh semua pihak yang terjebak (achievable) serta cukup sesuai kenyataan untuk direalisasikan (realistic). Itu mengapa Kamu harus mengikutkan periode waktu yang pasti waktu memastikan sasaran kampanye digital (times).

Upayakan untuk masih fleksibel 
Waktu memastikan sasaran kampanye digital, ingat-ingatlah jika kita tidak tahu apa yang akan berlangsung di waktu depan. Serapi apapun gagasan yang telah diatur, peluang akan berlangsung beberapa hal tersangka yang dapat tetap ada. Oleh karenanya, upayakan supaya Kamu masih fleksibel dalam jalankan kampanye digital.

Contohnya, katakanlah merencanakan untuk mengupload content di Instagram dengan membuat kontes tersendiri. Nyatanya pesaing telah terlebih dulu mengerjakannya dengan penawaran hadiah lebih menarik. Bila masih melakukan gagasan awal, kemungkinan sasaran audience semakin lebih pilih pesaing. Nah, Kamu dapat tunda sesaat posting itu atau memperhitungkan untuk tawarkan hadiah yang lebih menarik.

Analisa sasaran audience untuk personalisasi 
Supaya bisa mengarah sasaran audience dengan pas, harus lakukan analisa customer awalnya. Dari data demografis serta hasil analisa yang didapat, dapat membuat buyer persona. Pada intinya, persona merepresentasikan fragmen anggota audience yang tunjukkan tingkah laku sama dalam ketetapan pembelian.

Buyer persona menolong mengerti sasaran audience lebih dalam. Butuh diingat jika customer jaman saat ini mempunyai attention span yang condong pendek, hingga diharus bersaing untuk merampas perhatian mereka. Nah, disini buyer persona bisa menolong sebab telah mengerti sasaran audience, dapat lebih gampang dalam membuat beberapa konten yang memang sesuai keperluan serta insight mereka.

Akhirnya, mereka juga bisa merasakan lebih tersambung dengan content yang diberikan. Makin sasaran audience merasakan tersambung, makin besar juga peluang buat mereka untuk lakukan beberapa aksi tersendiri seterusnya yang Kamu harap.

Pilih basis yang sesuai dengan arah 
Bukan sekedar mengarahkan jalannya kampanye digital supaya lebih jelas, penetapan sasaran diawalnya dapat menolong untuk pilih basis yang sesuai dengan. Kamu dapat memakai lebih dari satu basis untuk langsungkan kampanye digital.

Contohnya, merencanakan membuat kampanye digital yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan jumlahnya alterasi situs. Berdasar arah, situs pasti jadi basis intinya. Jadi, telah jelas harus mempersiapkan content yang menarik, dapat berbentuk artikel, infografis, atau video.
Jadi pilihan, dapat juga mempersiapkan seperti reward buat mereka yang bersedia untuk subscribe, misalnya ebook mengenai tema tersendiri berbentuk PDF atau voucher potongan harga pembelian produk lewat situs.

Jadi simpatisan, bisa manfaatkan sosial media. Contohnya di Instagram, Kamu dapat membuat kontes berhadiah lewat peserta yang mendaftar surel mereka lebih dulu. Dengan demikian, bukan sekedar jumlahnya alterasi makin bertambah, engagement di sosial media ikut juga bertambah.

Pakai hashtag tersendiri 
Manfaatkan Instagram atau Twitter dalam kampanye digital, Kamu dianjurkan untuk memakai hashtag. Maksudnya ialah untuk memperluas awareness. Jadi, saat satu hashtag di-click, situs akan tampilkan semua content yang memberikan hashtag itu.

Di lain sisi, pemakaian hashtag dapat menolong untuk memudahkan proses tracking kampanye digital berkaitan dengan engagement serta user-generated konten. Berarti, walau ada audience yang tidak dengan cara langsung men-tag account sosial media Kamu dalam content mereka, tapi sepanjang mereka memakai hashtag yang dipastikan, masih dapat lakukan tracking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *