Senin, 26 April 2021

Perkembangan Internet Bagi Perusahaan

Internet tidak hanya mengalami perkembangan di masyarakat tetapi juga di perusahaan. Sekarang sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan Internet untuk membuat website internal maupun eksternal. Secara umum perusahaan membuat website internal agar dapat meningkatkan kinerja karyawan, menjaga hubungan dengan supplier, mengontrol inventori, dan lain-lain. Sedangkan perusahaan membuat website eksternal dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, menjaga loyalitas konsumen, dan mengetahui keluhan konsumen, dan sebagainya. Saat ini perusahaan yang telah menerapkan penjualan online sudah makin banyak. Hal ini disebabkan penjualan online merupakan salah satu bisnis yang memliki pasar bisnis yang cukup bagus. Selain pasar bisnis yang bagus, jumlah konsumen online juga makin bertambah karena kepercayaan mereka terhadap penjualan online makin tinggi. Apalagi, ketika ada online banking seperti klikbca yang dapat mendukung proses jual beli online pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Pada era globalisasi terjadi banyak perubahan dalam hal teknologi, pendidikan, dan sebagainya. Salah satu yang mengalami perubahan yang paling banyak adalah teknologi Internet. Internet merupakan jaringan yang menghubungkan komputer-komputer yang ada di dunia. Internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah mengalami perubahan secara pesat terutama semenjak Internet sudah dapat diakses melalui smartphones, tablet, dan lain-lain. Kebanyakan masyarakat mengakses Internet untuk berbagai kegiatan seperti transaksi bisnis, streaming, mencari informasi, browsing, chatting dengan menggunakan aplikasi Yahoo messanger, Skype, dan lainnya

PT Pos Indonesia merupakan salah satu perusahan besar yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. PT Pos Indonesia telah memiliki 3.800 kantor cabang dengan jumlah unit pelayanan 26 ribu yang tersebar di setiap daerah Indonesia. Saat ini Pos Indonesia telah meluncurkan bisnis baru, yaitu Galeripos yang bergerak dalam divisi penjualan online. Tingkat persaingan dalam bisnis online ini makin tinggi, seiring dengan perkembangan Internet. Walaupun jumlah konsumen pengguna situs online meningkat, kompetitor yang memanfaatkan situs online untuk menjalankan usaha mereka juga makin banyak. Selain itu, pemain lama dalam bidang penjualan online seperti blibli.com, bhinneka.com, berniaga.com menjadi salah satu penghambat bagi pendatang baru untuk dapat eksis dalam persaingan.

PT Pos Indonesia memiliki visi menjadi perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dan dapat bersaing dengan amazon.com. Melalui observasi, diketahui jumlah pembelian pada website Galeripos masih sedikit karena website ini baru diluncurkan. Jumlah orang yang mengetahui website tersebut juga masih sedikit, serta tingkat kepercayaan yang masih rendah dari pengunjung website tersebut. Oleh karena itu, PT Pos Indonesia harus meningkatkan kualitas website dan mengatasi kekurangan-kekurangan dari website tersebut. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *